Sabtu, 16 Februari 2013

Langkah-Langkah Melakukan Perbaikan Keyboard


Langkah-Langkah Melakukan Perbaikan Keyboard
Ada beberapa kerusakan yang kemungkinan terjadi pada keyboard,yaitu sebagai berikut.
1). Keyboard tidak terdeksi oleh PC
Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard adalah tidak di kenalnya keyboard oleh komputer. Pada saat proses booting,tiba-tiba komputer macet dan muncul pesan kesalahan “Keyboard error or no keyboard present.” Pesan tersebut di artikan bahwa pada saat proses booting,komputer tidak mendeteksi adanya keyboard. Jika terjadi hal seperti terssebut diatas,yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.
a)      Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke CPU.
b)      Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabel kleyboard tersebut untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tepat.
c)      Jika komputer di hidupkan kembali,dan pesan kesalahan masih muncul ,kemungkinan pertama adalah keyboardnya rusak.
d)      Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa keyboardnya yang rusak.
e)      Jika dengan menggantikan keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul,berarti bukan keyboard yang rusak. Tetapi bisa saja port keyboard di motherboard yang rusak.
2) Masalah kedua terjadi pada tombol keyboard
Kerusakan lain yang sering terjadi pada keyboard adalah tombol keyboard sering macet untuk di tekan,atau tombol keyboard tertekan terus. Hal itu mungkin di sebabkan oleh debu yang sudah menumpuk di sela-sela tombol keyboard sehingga menyebabkan keyboard macet. Untuk mengatasinya,perlu dilakukan pembersihan pada keyboard. Keyboard dapat di bersihan dengan menyedot atau menyemprotnya dengan vucuum cleaner atau dapat  memakia kuas. Dan juga dapat dibersihkan dengan menggunakan kain lap yang di basahi dengan cairan pembersih atau alkohol. Ingat bahwa proses pembersihan harus dilakukan pada saat komputer mati dan keyboard di lepas dari portnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar