DIRECT X
DirectX
(ataubisa disebut Direct3D) adalahkumpulan API
untukmenanganiberbagaitugasdalampemrograman multimedia khususnyapermainan
computer dalamsistemoperasi Microsoft Windows.DirectX
sendirimerupakangabungandari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan
DirectSound.DirectX SDK dapatdiperolehsecaracuma-cumadari
Microsoft.Versiterbaruuntuk Windows vista yang di luncurkansekitarbulanjanuari
2007 adalah DirectX 10.
Digunakan untuk
mendiagnosa seluruh komponen yang terhubung dengan multimedia seperti VGA card
dan LAN card. Selain itu,untuk mengkondisi kondisi directx juga dilengka[pi
dengan tools yang mampu digunakan untuk mendiagnosis sebuah komponen dalam
kondisi trouble atau tidak.
Direct X
merupakan tools bawan windows yang digunakan untuk mendiagnosa semua hardware
yang terhubung dengan grafis,network dan multimedia. Tool direct X dapat juga
di panggil dari tool system information.
Direct X mampu
mendiagnosi sistem,display monitor,sound,music,input,dan network. Toll ini
dilengkapi engan features acceleration untuk meningkatkan performance dari
fungsi peripheral.
Cara untuk
menjalankan software Direct X adalah melalui start>>run>>ketik
“dxdiag”>>klik OK,kemudian software Direct X akan tampil dengan title
deignostic tools.
Software ini
terdiri dari kartu-kartu yang menunjukan perangkat apa saja yang mudah
terpasang dan ada permasalahan atau tidaknya
pada konfigurasi perangkat keras maupun perangkat software (driver).
Komponen-komponendari
direct adalah:
• DirectX Graphics,
terdiridaribeberapa APIs:
o DirectDraw: Untukmenggambargrafik
2D (raster graphics). Sekarangtidakdisarankan (karenaadanya Direct2D),
meskipunmasihdigunakansedikit game dansebagai video renderer di media aplikasi.
o Direct3D (D3D):
UntukmenggambarGrafik 3D.
o DXGI: untukmenghitungpenyesuaiandan
pengawasan, danmengaturrangkaianpertukaranuntuk Direct3D 10 keatas.
• DirectInput:
Untukmenanganialatmasukantermasukpapanketik, tetikus, tuaskontrols, atau game
controllers. Tidakdisarankansetelahversi 8 karenaadanyaXInputuntuk Xbox 360
kontroleratau WM INPUT untuk keyboard dan mouse.
• DirectPlay: Untukkomunikasikoneksi
area local atau area luas. Tidakdisarankansetelahversi 8.
• DirectSound:
Untukputarbalikdanmerekamgelombang suara.
o DirectSound3D (DS3D):
Untukputarbaliksuara 3D.
10
• DirectMusic:
Untukputarbalikrekamansuara yang disahkan di DirectMusic Producer.
• DirectX Media: terdiridari
DirectAnimation untuk 2D/3D[1] animasi web, DirectShow
(Tidakdisarankansebentarlagioleh Media Foundation) untuk multimedia
putarbalikdan streaming media, DirectX Transform untukinteraksi web, dan
Direct3D Retained Mode untukgrafik 3D tingkattinggi. DirectShow terkandung
DirectX plugin untukpemrosesinyal audio dan DirectX Video Acceleration untuk
video terakselerasi.SejakTahun 2005 DirectShow tidaktermasukdalam DirectX
API.DirectShow dimasukandalampaket Windows SDK.
• DirectX Media Objects: mendukung
streaming sepertienkode, dekode, danefek.
• DirectSetup: untukmemasangkomponen
DirectX
Microsoft
mengumumkandirectX 11 di Gamefest 08, Seattle, dengandukunganterhadapGPGPU,dukungan
tessellation[2][3][4], peningkatanterhadapdukungan multi-threading[5]
untukmembantupengembang game menggunakan unit pengolah data(disebutjuga
processor) multi-core. Direct X 11 akandigunakan di sistemoperasi vista, seven
dangenerasiseterusnya. Mekanisme multi-threading
mampudidukungperangkatkerasberbasis Direct3D 9/10/10.1. Tessellation danShader
Model 5.0 membutuhkanperangkatkerasberbasis Direct 3D 11. Microsoft
sendiritelahmerilispeninjauanteknis.[6] .Direct 3D 11 akandiriliskepabrikbulanJuli
'09[7] dandiriliske public bulanOktober '09
`[8].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar