Selasa, 05 Maret 2013

direct x


DIRECT X
DirectX (ataubisa disebut Direct3D) adalahkumpulan API untukmenanganiberbagaitugasdalampemrograman multimedia khususnyapermainan computer dalamsistemoperasi Microsoft Windows.DirectX sendirimerupakangabungandari Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan DirectSound.DirectX SDK dapatdiperolehsecaracuma-cumadari Microsoft.Versiterbaruuntuk Windows vista yang di luncurkansekitarbulanjanuari 2007 adalah DirectX 10.
Digunakan untuk mendiagnosa seluruh komponen yang terhubung dengan multimedia seperti VGA card dan LAN card. Selain itu,untuk mengkondisi kondisi directx juga dilengka[pi dengan tools yang mampu digunakan untuk mendiagnosis sebuah komponen dalam kondisi trouble atau tidak.
Direct X merupakan tools bawan windows yang digunakan untuk mendiagnosa semua hardware yang terhubung dengan grafis,network dan multimedia. Tool direct X dapat juga di panggil dari tool system information.
Direct X mampu mendiagnosi sistem,display monitor,sound,music,input,dan network. Toll ini dilengkapi engan features acceleration untuk meningkatkan performance dari fungsi peripheral.
Cara untuk menjalankan software Direct X adalah melalui start>>run>>ketik “dxdiag”>>klik OK,kemudian software Direct X akan tampil dengan title deignostic tools.
Software ini terdiri dari kartu-kartu yang menunjukan perangkat apa saja yang mudah terpasang dan ada permasalahan atau tidaknya  pada konfigurasi perangkat keras maupun perangkat software (driver).
Komponen-komponendari direct adalah:
              DirectX Graphics, terdiridaribeberapa APIs:
o              DirectDraw: Untukmenggambargrafik 2D (raster graphics). Sekarangtidakdisarankan (karenaadanya Direct2D), meskipunmasihdigunakansedikit game dansebagai video renderer di media aplikasi.
o              Direct3D (D3D): UntukmenggambarGrafik 3D.
o              DXGI: untukmenghitungpenyesuaiandan pengawasan, danmengaturrangkaianpertukaranuntuk Direct3D 10 keatas.
              DirectInput: Untukmenanganialatmasukantermasukpapanketik, tetikus, tuaskontrols, atau game controllers. Tidakdisarankansetelahversi 8 karenaadanyaXInputuntuk Xbox 360 kontroleratau WM INPUT untuk keyboard dan mouse.
              DirectPlay: Untukkomunikasikoneksi area local atau area luas. Tidakdisarankansetelahversi 8.
              DirectSound: Untukputarbalikdanmerekamgelombang suara.
o              DirectSound3D (DS3D): Untukputarbaliksuara 3D.
10
              DirectMusic: Untukputarbalikrekamansuara yang disahkan di DirectMusic Producer.
              DirectX Media: terdiridari DirectAnimation untuk 2D/3D[1] animasi web, DirectShow (Tidakdisarankansebentarlagioleh Media Foundation) untuk multimedia putarbalikdan streaming media, DirectX Transform untukinteraksi web, dan Direct3D Retained Mode untukgrafik 3D tingkattinggi. DirectShow terkandung DirectX plugin untukpemrosesinyal audio dan DirectX Video Acceleration untuk video terakselerasi.SejakTahun 2005 DirectShow tidaktermasukdalam DirectX API.DirectShow dimasukandalampaket Windows SDK.
              DirectX Media Objects: mendukung streaming sepertienkode, dekode, danefek.
              DirectSetup: untukmemasangkomponen DirectX
Microsoft mengumumkandirectX 11 di Gamefest 08, Seattle, dengandukunganterhadapGPGPU,dukungan tessellation[2][3][4], peningkatanterhadapdukungan multi-threading[5] untukmembantupengembang game menggunakan unit pengolah data(disebutjuga processor) multi-core. Direct X 11 akandigunakan di sistemoperasi vista, seven dangenerasiseterusnya. Mekanisme multi-threading mampudidukungperangkatkerasberbasis Direct3D 9/10/10.1. Tessellation danShader Model 5.0 membutuhkanperangkatkerasberbasis Direct 3D 11. Microsoft sendiritelahmerilispeninjauanteknis.[6] .Direct 3D 11 akandiriliskepabrikbulanJuli '09[7] dandiriliske public bulanOktober '09  `[8].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar